Skip to main content

Mengenal Penyakit Diare


Diare adalah satu penyakit yang bisa menyerang segala usia dan cukup merepotkan jika kita mengalami diare pasalnya buang air besar yang berlebihan menyebabkan tubuh menjadi lemas. Penyebab diare adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti memakan makanan yang tidak terjaga kebersihannya sehingga segala kuman masuk lewat mulut dan bersarang di dalam perut.

Bisa juga dikarenakan oleh pola makan yang tidak teratur. Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan diare seperti memakan obat antibiotik. Ada beberapa tubuh yang bahkan tidak bisa mengonsusmi makan makanan tertentu hingga mungkin terjadi diare sebagai penolakan terhadap makanan itu.

Keracunan makanan adalah hal yang paling utama yang dapat menyebabkan diare, jika mengonsumsi makanan yang kedaluwarsa akan membuat bakteri yang dari makanan itu berpindah ke perut dan menyebabkan diare.

Diare juga merupakan penyakit yang wajib diwaspadai dan perlu penanganan khusus yang diatangani oleh untuk mengatasi hal tersebut yang mengalami diare dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairannya dengan meminum air putih, air kelapa, the manis, air kaldu, atau meminum air yang seperti larutan untuk menambah cairan.

Selama menderita diare si penderita dilarang untuk memakan mkaanan tertentu yang menyebabkan diare semakin parah, beberapa makanan yang harus dihindari ketika mengalami diare yaitu makanan keras/padat, berlemak, berminyak, makanan mentah atau berserat tinggi dan memakan makanan yang banyak bumbu, buah dan sayur yang mengandung gas juga harus dihindari.

Meminum alcohol dan kafein pun harus dihindari supaya tidak memperparah diare alangkah sebaiknya penderita diare harus memakan makanan yang mengandung probiotik yaitu makanan yang mengandung sekumpulan bakteri hidup yang mirip dengan bakteri sehat yang umumnya ditemukan di dalam system pencernaan tubuh.

Dengan mengonsumsi banyak probiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri sehat yang ada untuk melawan kuman dalam saluran pencernaan, bakteri tersebut bisa ditemukan di dalam yogurt dan keju. Agar terhindar dari kuman-kuman sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan karena kita tidak tahu seberapa banyak bakteri yang menempel di tangan kita.