Skip to main content

Manfaat Dari Mandi


Mandi sudah menjadi kegiatan rutin yang sering dilakukan tanpa terlewat ketika ingin beraktivitas dan sesudah menjalani aktivitas pastinya mandi adalah hal penting yang harus dilakukan. Namun ternyata banyak yang belum menyadari akan manfaat mandi sehingga mandi diakukan secara asal-asalan apalagi saat terburu oleh waktu mandi dilakukan secara tergesa.

Selain di pagi hari mandi dilakukan di sore hari manfaat yang akan didapat adalah dapat menghilangkan keringat, kuman, dan kotoran lain yang menempel pada tubuh setelah lelah seharian menjalani aktivias. Bahkan mandi air hangat sebelum menjelan malam akan memudahkan orang yang tadinya sulit tidur akan menjadi mudah untuk mengantuk dan tidur dengan nyenyak juga dapat menurunkan stress.

Cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh, salah satunya dengan melakukan mandi namun ada bahayanya jika mandi terlalu malam bagi kesehatan tubuh. Dapat memicu demam, air dingin yang digunakan ketika mandi dapat menyebabkan suhu panas tubuh membuat kekebalan tubuh menurun dan tubuh lebih rentan terkenan demam ditambah dengan akan mudah merasakan masuk angin, lalu dapat menimbulkan penuaan dini karena metabolisme tubuh terganggu akan menyebabkan kulit keriput.

Mandi terlalu malam juga dapat menyebabkan paru-paru basah yang timbul dengan gejala masalah pernafasan seperti batuk dan masalah pernafasan lainnya. Sebaiknya dihindari mandi terlalu malam jika ingin menjaga kebersihan cukup dengan mencuci muka saja ketika sehabis menjalani aktivitas agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang membahayakan.

Ada baiknya ketika masih sore saja jika ingin mandi untuk menyegarkan badan. Bagi yang memiliki kondisi tubuih yang baik mungkin mandi agak malam sedikit tidak apa-apa asal jangan terlalu malam karena kondisi kesehatan setiap orang berbeda-beda.

Maka setiap ingin mandi harus diperhatikan waktu dan suhu badan, ada sebaiknya untuk mandi air hangat jika setelah beraktivitas sehingga membuat kondisi tubuh juga semakin rileks dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Beberapa bakteri ada yang baik bahkan meningkatkan kondisi tubuh jadi kalau ingin mandi juga jangan terlalu sering.