Skip to main content

Ketahui Resiko Mengucek Mata


Tak sering kita melakukan hal-hal yang justri berbahaya bagi kesehatan tubuh kita salah satunya yaitu dengan mengucek mata, kebiasaan ini sangat tidak baik jika terus menerus melakukannya dalam jangka waktu yang lama.

Mengucek mata menstimulasi air mata untuk mengalir dan melumasi mata yang kering, menyingkirkan debu dan macam-macam pengganggu lainnya namun jika terlalu keras mengucek mata dapat menyebabkan kerusakan saraf dan merusak pandangan.

Selain itu, mengucek mata dapat mengirim bakteri dari tangan kita yang kotor ke dalam mata yang beresiko mengakibatkan infeksi mata. Mengucek mata juga mengakibatkan kornea mata lecet bahkan akan menjadi luka, dan yang paling parah akan mengubah bentuk lengkung kornea mata.

Sering kita mendengar istilah bintitan, bintitan ini sering dikatakan penyebabnya karena sering mengintip orang yang mandi namun kenyataannya adalah dikarenakan infeksi yang terlalu parah, mengucek mata saat terjadi infeksi apalagi dalam keadaan tangan yang kotor akan menginfeksi kelopak mata sehingga mata merah membesar.

Mata panda juga diakibatkan oleh seringnya mengucek mata, semakin keras mengucek mata semakin parah juga kantung hitam di area mata yang sering dikaitkan dengan terlalu kelelahan atau mata panda.

Yang lebih parah ketika sering mengucek mata adalah terkena glaukoma, yaitu syaraf mata yang mengalami kerusakan dan orang yang menderita glaukoma tidak merasakan gejala sebelumnya semakin dibiarkan hal ini akan mengakibatkan kebutaan.

Apalagi ketika kita sudah mengalami riwayat buruk pada mata kita seperti mengalami rabun jauh atau dekat itu akan semakin memperparah keadaan mata, mengucek mata juga dapat mengakibatkan penipisan kornea mata.

Namun agar terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh kegiatan mengucek mata adalah, jika terjadi rasa gatal maka alangkah lebih baiknya diusap seara pelan oleh tisu basah. Saat bangun tidur hendaknya agar menghindari kebiasaan mengucek mata. Kebiasaan sepele yang sering kita lakukan ini ternyata tanpa disadari memiliki bahaya yang sangat tinggi bagi salah satu indra yang peling penting dala tubuh.

Newest Post