Skip to main content

Masalah Komedo


Salah satu masalah kecantikan yang sering dialami oleh manusia apalagi kalangan perempuan yang snagat mengganggu penampilan adalah komedo, komedo merupakan pori-pori yang tersumbat oleh kotoran-kotoran dari luar yang menempel. Komedo bisa muncul disetiap wajah siapapun, komedo ini ada dengan cirri-ciri bintik kecil berwarna gelap.

Komedo paling sering muncul pada hidung, dagu, sekitar bibir, dan sekitar telinga, komedo bisa saja muncul di punggung, leher, lengan, bahu, bahkan dada. Hal ini disebabkan banyak rambut-rambut kecil yang tumbuh yang menghasilkan minyak alami kulit di bawahnya.

Ketika pori-pori tersumbat dan sel-sel kulit mati lalu sel yang mati dapat beraksi dengan oksigen dan berubah warna menjadi hitam. Namun tak jarang juga ada komedo yang berwarna putih mau putih atau hitam keduanya sangat mengganggu bagi penampilan dan keduanya juga disebut dengan komedo. Kotoran yang terjebak di kulit menyebabkan komedo banyak menumpuk diarea-area tertentu.

Namun ada juga penyebab munculnya komedo karena penggunaan kosmetik yang menutup pori-pori kulit, lalu dikarenakan kulit sangat banyak memproduksi keringat sehingga mengeluarkan keringat lebih banyak, stress juga menjadi salah satu penyebab komedo ada.

Komedo sangat berbeda dengan jerawat karena biasanya jerawat berwarna merah dan sakit apabila dipencet sementara keberadaan komedo tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Bahkan dilihat dari ukuran pun komedo terlihat lebih kecil dan si penderita pun kadang tidak sadar jika ia memiliki komedo.

Semenatar jerawat memiliki ukuran yang lebih besar dan kadang lebih riish bagi perempuan jika memiliki jerawat. Cara agar komedo hilang adalah dengan cara rajin membersihkan wajah dengan rajin mencuci wajah, menggunakan banyak skin care sesuai dengan jenis kulit, atau bisa langsung datang ke kelinik kecantikan untuk mengangkat komedo yang membandel.

Komedo juga tidak bisa dibiarkan karena lama-lama bisa jadi ia berkembang menjadi jerawat yang nantinya mungkin agak sulit untuk sembuh. Bahkan sekarang banyak produk yang menjual alat kecantikan yang berfungsi untuk mengangkat komedo oleh karena itu jangan sampai malas untuk membersihkan komedo.

Oldest Post