Skip to main content

Sering Mengkonsumsi Mi Instan?


Barangkali jika mendengar kata mie instan ini sudah tidak asing lagi di telinga kita karena sering dikonsumsi, namun apakah kita mengetahui dampak buruk bagi kesehatan jika terus menerus mengonsumsi mie isntan, mie instan yang mengandung bahan kimia juga jika kita mengolah dengan cara yang salah akan semakin memperparah kondisi kesehatan.

Beberapa hal yang merusak kesehatan tubuh ketika mengonsumsi mie instan yaitu merusak fungsi hatu karena mie instan mengandung zat berbahaya yang mengganggu kerja hati, zat berbahaya tadi juga menyebabkan gagal ginjal, mie instan juga mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan penyakit diabetes, meningkatka kadar kolestrol karena kandungan garam yang tinggi.

Bagi wanita ini akan mengganggu hormone karena mie instan mengandung sodium yang tinggi mengganggu jadwal menstruasi dan menimbulkan jerawat, mengganggu hormone seks bagi pria, memicu tekanan darah tinggi, menghambat penyerapan nutrisi ini disarankan untuk tidak memberika mie instan secara berlebihan kepada anak-anak.

Mie instan juga dapat menyebabkan kanker karena diakibatkan oleh zat-zat kimia yang terkandung dalam mie tersebut, bagi wanita hamil ini akan menyebabkan keguguran, mengganggu pencernaan kurangnya menginsumsi sayuran dan air putih lalu secara berlebihan mengonsumsi mie instan akan mengakibatkan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar.

Alangkah lebih baiknya jika mengurangi mengonsumsi mie instan, konsumsilah sekita satu bulan sekali jangan sampai berlebihan dan membahayakan diri sendiri. Jika kita memakan mie instan harus dihindari memakai nasi karena kandungan karbohidrat dalam mie instan sudah mencapai 400 kalori.

Maka, jika ditambah dengan nasi putih menjadi 800 kalori sementara manusi dalam sehari hanya membutuhkan kurang lebih 2000 kalori dan dibagi dalam asupan gizi tiga kali makan dan juga makanan ringan yang sering kita konsumsi. Kalau dibiarkan secera terus menerus selai berat badan yang bertambah juga beresiko menyebabkan penyakit diabetes.

Kalau pun mau mengonsumsi mie sebaiknya membuat sendiri mie yang berbahan tidak membahayakan atau dari bahan alami sehingga kita tahu kandungan apa saja yang ada dalam mie yang kita buat dan yang paling penting ialah bahwa yang berlebihan selalu tidak baik.