Skip to main content

Penyakit Muntaber


Muntaber ialah salah satu penyakit yang diakibatkan oleh peradangan pada saluran pencernaan, parasit, bakteri, dan virus yang meninfeksi saluran pencernaan. Penyakit ini tanpa disadari dapat berbahaya jika dibiarkan atau tidak mendapat penanganan khusus.

Bisa dikenali dengan gejala yang hampir mirip dengan diare seperti sakit perut yang terasa sangat mulas dibarengi dengan rasa mual dan muntah karena disebabkan oleh bakteri dan telah bersarang dalam perut, lalu penderita akan merasakan demam suhu tubuh menjadi naik dan berkepanjangan. Buang air besar menjadi lebih sering dari biasanya, sehingga membuat penderita untuk tidak makan dan minum nah kondisi ini harus diwaspadai dan bila terjadi memang harus segera diperiksakan pada dokter.

Selepas tahu bahwa penderita memang benar-benar menderita muntaber sebaiknya lebih banyak mengosumsi cairan yang banyak, air mineral penting karena ketika muntaber kita lebih sering mengeluarkan cairan oleh karena itu harus seimbang dengan pemasukan.

Maka sebaiknya lebih baik mengonsumsi air mineral, makan makanan yang berkuah seperti sayur dan lainnya, minum minuman yang berkhasiat seperti mengandung jahe dan rempah-rempah lain yang bermanfaat bagi kondisi tubuh.

Harus dibarengi dengan makan karbohidrat seperti buah pisang yang bisa menguatkan lapisan lambung dari bakteri atau virus muntaber, makan bubu dan nasi putih juga mengandung karbohidrat yang mampu mengembalikan energy bila seseorang terserang muntaber. Muntaber ini bisa menyerang siapa saja semua kalangan bisa merasakannya dan sangat perlu diwaspadai.

Apalagi muntaber jika menyerang anak-anak dapat membahayakan nyawa mereka karena seringnya keluar cairan itu pula mereka dapat terkena dehidrasi yang bisa terjadi begitu cepat terutama jika usia anak masih dibawah lima tahun.

Kita mungkin harus lebih memerhatikan makanan apa yang masuk ke dalam perut anak-anak kita jangan sampai memakan makanan yang tidak terjaga kebersihannya sehingga mengakibatkan muntaber. Hal yang sudah sering dibertahukan pada khalayak ramai atau kepada masyarakat adalah untuk terlbih dahulu mencuci tangan sebelum makan karena kita tahu pastinya tangan selalu memegang apapun yang terkena bakteri.